Sunday 7 April 2013

PENUTUP LAHAN DAN PENGGUNAAN LAHAN

PUSTAKA PENUTUP LAHAN DAN PENGGUNAAN LAHAN

Pengertian penggunaan lahan mempunyai makna yang berbeda dengan liputan lahan. Istilah liputan lahan (penutup lahan) berkaitan dengan jenis kenampakan yang ada di permukaan bumi, sedangkan penggunaan lahan berkaitan dengan kegiatan manusia pada bidang lahan tersebut.

Pengetahuan tentang penggunaan lahan dan penutup lahanpenting untuk berbagai kegiatan perencanaan dan pengelolahan lahan di permukaan bumi. Menurut Lillesand dan Kiefer (1979), istilah penutup lahan berkaitan dengan jenis kenampakan yang ada di permukaan bumi. Contoh vegetasi, lahan kosong, dan lahan terbangun adalah penutup lahan. Istilah penggunaan lahan berkaitan dengan hasil pengolahan manusia yang memanfaatkan suatu lahan untuk tujuan tertentu. Contohnya seperti sawah, gedung perkantoran.

Secara ideal informasi tentang liputan lahan dan penggunaan lahan peta disajikan secara terpisah. Apabila data penginderaan jauh yang digunakan untuk sumber data utama dalam pemetaannya maka akan lebih efisien menggabung kedua informasi tersebut (Lillesand dan Kiefer, (1979) dalam Suharyadi, (2001)).

Informasi tentang liputan lahan pada umumnya dapat dikenali dengan mudah pada citra penginderaan jauh. Informasi tentang penggunaan lahan tidak selalu dapat ditafsir secara langsung. Penafsiran penggunaan lahan hanya dapat dilakukan dengan informasi penafsiran penutup lahannya.

Manfaat peta penggunaan lahan secara umum menurut Rhind (1980) dalam Suharyadi (2001), adalah:

1. Mengetahui jenis pemanfaatan lahan pada suatu bu=idang lahan tertentu
2. Mengetahui kecenderungan perkembangan
3. Sebagai masukan dalam pemodelan evaluasi dan atau perencanaan pemanfaatan lahan
4. Mengkaji hubungan antara kenampakan fisik lahan dengan kondisi sosial


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (xxxx). Petunjuk Praktikum Penginderaan Jauh Dasar. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Lillesand, Thomas M; Ralph W Kiefer. 1979. Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Trans. Dulbahri, dkk. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suharyadi. 2001. Penginderaan Jauh untuk Studi Kota. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

1 comment: