Sunday, 7 April 2013

GRAFIK GARIS DAN GRAFIK BATANG


Menurut Truran, 1977 ada tiga metode untuk merepresentasikan data statistik, yaitu:
1.      Grafik statistik
Grafik statistik berkaitan dengan hubungan antara kuantitas dan tidak menekankan pada lokasi atau sebaran keruangannya.
2.      Diagram statistik
Kelompok ini terdiri atas metode yang tidak bergantung pada selembar kertas atau peta sebagai dasar mereka. Diagram statistik dapat digunakan dalam kombinasi  dengan peta untuk tujuan mendefinisikan atau menekankan lokasi tetapi mereka juga dapat digambarkan secara independen.
3.      Peta statistik
Kelompok ini termasuk mereka metode representasi statistik yang menekankan pada lokasi atau distribusi spasial dan menggunakan peta sebagai dasar penggambaran.

Grafik statistik dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam pembacaan dan pemahaman data bagi pembaca. Data statistik berupa angka seringkali tidak menarik untuk dibaca dan sulit untuk dipahami. Grafik statistik yng berupa gambaran secara visual lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami. Contoh dari grafik statistik yaitu grafik batang, grafik garis dan piramida penduduk (superimposed pyramid).

Grafik garis populer dengan kesederhanannya dan kemampuannya dalam menampilkan data dari berbagai hal. Grafik ini berfungsi menunjukkan perubahan satu variabel dalam hubungannya dengan variabel lain. Dibuat dengan menghubungkan titik-titik yang dibuat secara koordinat oleh karena itu dalam grafik garis selalu terdapat sumbu x dan sumbu y. Sumbu x merepresentasikan variabel bebas dan sumbu y mewakili variabel terikat.

Grafik batang populer dengan kesederhanannya dan tampilan visual yang dimilikinya. Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah.


Grafik garis dan grafik batang dibagi menjadi empat jenis, yaitu:
1.      Grafik Sederhana (simple graph): menyajikan satu macam data
2.      Grafik Campuran (multiple or group or comparative graph): menyajikan beberapa data dalam satu grafik
3.      Grafik Gabungan (compound graph): menyajikan jumlah total dari beberapa data
4.      Grafik Divergen (divergence graph): menyajikan data dalam bentuk berlawanan yaitu kondisi plus dan minus

Piramida penduduk (superimposed pyramid) digunakan dalam studi demografi untuk menggambarkan populasi dari suatu penduduk. Grafik ini menggambarkan umur dan jenis kelamin suatu populasi penduduk. Data penduduk pria digambarkan sebelah kiri dan data penduduk wanita di sebelah kanan.



DAFTAR PUSTAKA


Sudaryatno; Muhammad Kamal. 2013. Petunjuk Praktikum Representasi Data dan Semiologi. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Truran, H.C. 1977. A Practical Guide to Statistical Maps and Diagrams. London: Heinemann Educational Book Ltd.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment