Sunday 7 April 2013

DIAGRAM LINGKARAN

Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat lingkaran.

Beberapa macam diagram lingkaran yaitu
1. Pie graph
Pie graph adalah diagram lingkaran yang menyajikan data kuantitas sederhana. Penyajiannya berupa lingkaran yang terbagi menjadi beberapa segmen sesuai jumlah data yang ada. Penyajiannya berupa presentase (100%) dan derajad (3600).

2. Ring graph
Ring graph merupakan diagram lingkaran yang berbentuk beberapa lingkaran yang konsentris di satu titik. Fungsi utama diagram ini untuk membandingkan dua atau lebih macam pie graph dalam satu tampilan. Orientasi yang digunakan setiap lingkaran dalam ring graph ini harus sama dan urutan warna setiap segmen juga harus sama. Diagram yang jari-jarinya lebih kecil digambarkan di bagian dalam diagram yang lebih besar agar setiap lingkaran bisa terlihat.

3. Adjacent graph
Adjacent graph merupakan diagram lingkaran yang bentuknya berupa potongan-potongan lingkaran yang didekatkan. Besar busur setiap lingkaran bergantung jumlah data yang digunakan. Apabila akan membandingkan dua jenis data maka 3600/2=1800, didapat besar busur 1800 menggambarkan 100% data tersebut.

4. Circular graph
Circular graph merupakan diagram lingkaran yang berbentuk lingkaran menyerupai jam atau menyerupai kutub dengan garis-garis lintang yang terkonsentris di kutub. Diagram ini disebut diagram jam (clock graph) dan diagram kutub (polar graph). Diagram melingkar menggambarkan data yang sifatnya periodik atau terjadi dalam waktu tertentu.

5. Spoke graph
Spoke graph merupakan diagram lingkaran yang berbentuk seperti star graph (diagram yang menunjukkan arah) tetapi diagram ini tidak mewakili arah data. Biasanya diagram ini digunakan untuk menyajikan data hubungan antara temperatur dan curah hujan dalam periode bulanan.


DAFTAR PUSTAKA

Sudaryatno; Muhammad Kamal. 2013. Petunjuk Praktikum Representasi Data dan Semiologi. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

No comments:

Post a Comment