Wednesday 24 July 2013

Perbandingan Peta RBI dan Topografi

1. Legenda                         
Legenda Peta Topografi

Legenda peta RBI
Legenda pada peta RBI lebih banyak simbol yang digambarkan dibandingkan dengan peta topografi. Objek yang disimbolkan pada legenda topografi adalah objek yang umum seperti jalan, bandara, pelabuhan, batas administrasi, dan beberapa penggunaan lahan. Objek yang disimbolkan pada peta RBI lebih khusus seperti jalan setapak, jalan khusus, objek masjid, vihara, tegalan, makam dll. 


2. Sistem penomoran 
nomor lembar RBI

nomor lembar topografi
Penomoran pada peta RBI ditulis dengan kombinasi angka-angka, sedangkan penomoran pada peta Topografi adalah kombinasi angka dengan huruf. Pada peta RBI penomorannya dimulai dari kiri bawah berarah zig-zag menuju kanan atas. Peta topografi penomorannya dimulai dari kiri atas berarah zig-zag menuju kanan bawah. 


3. Proyeksi 

Proyeksi yang digunakan dalam peta RBI yaitu proyeksi Universal Transverse Mercator (UTM). Peta Topografi menggunakan proyeksi Transverse Mercator (TM). Perbedaannya yaitu pada posisi bidang proyeksi dengan bola bumi. Proyeksi UTM bersifat secansial atau bidang proyeksi memotong bola bumi. Proyeksi TM bersifat tangensial dengan posisi bidang proyeksi menyinggung bola bumi. 


4. Orientasi 
orientasi RBI

orientasi topografi
Orientasi Peta RBI Orientasi peta Topografi 

1) Utara sebenarnya/True North : yaitu utara yang mengarah pada kutub utara bumi. 

2) Utara Magnetis/Magnetic North : yaitu utara yang ditunjuk oleh jarum magnetis kompas, dan letaknya tidak tepat di kutub utara bumi. 

3) Utara Peta/Map North : yaitu arah utara yang terdapat pada peta. 

4) Deklinasi Peta:adalah beda sudut antara sebenarnya dengan utara peta. Ini terjadi karena perataan jarak paralel garis bujur peta bumi menjadi garis koordinat vertikal yang digambarkan pada peta. 

5) Deklinasi Magnetis: Selisih beda sudut utara sebenarnya dengan utara magnetis 

6) Deklinasi Peta magnetis:Selisih besarnya sudut utara peta dengan utara magnetis bumi. 

Kutub utara magnetis bumi letaknya tidak bertepatan dengan kutub utara bumi. Arah utara magnetis bumi pada peta dapat berbeda bergantung pada tahun pembuatan peta, karena pengaruh rotasi bumi, letak kutub magnetis bumi bergeser dari tahun ke tahun. 


5. Kontur 

Peta RBI dan Topografi sama sama menggambarkan garis kontur untuk mewakili ketinggian tempat di permukaan bumi. Pada peta topografi garis kontur lebih ditonjolkan. Sifat-sifat garis kontur berlaku sama untuk kedua peta. Kontur intervalnya pun berbeda-beda sesuai dengan skala peta. Kontur interval dapat dicari dengan rumus. 


6. Penampilan 

Apabila diamati kenampakan yang digambarkan pada peta topografi dan peta RBI yang terlihat paling menonjol adalah objeknya. Peta topografi lebih menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta RBI sudah menggambarkan mulai dari kenampakan alam hingga penggunaan lahan yang lebih spesifik. Peta RBI mampu menggambarkan aspek sosial di permukaan bumi dengan adanya gambaran permukiman penduduk. Garis kontur pada peta topografi lebih ditonjolkan informasinya, sehingga walaupun difotocopy peta ini masih menunjukkan garis kontur dengan jelas. Berbeda dengan peta RBI garis kontur digambarkan dengan warna untuk memperjelas perbedaan dengan objek lain, akan tetapi ketika peta difotocopy garis kontur justru tidak terlihat dengan jelas. Pada peta RBI indeks konturnya tidak hanya ditulis dengan satu arah. Tujuannya agar indeks kontur dapar terbaca dari atas peta atau arah yang berlawanan dari pembaca peta yang seharusnya. Perbedaan juga terdapat pada layout kedua peta. Peta RBI layout informasi tepi peta berada di bawah dan kanan dari peta sedangkan peta topografi informasi tepinya ada di bagian bawah peta. 

No comments:

Post a Comment