Wednesday 26 June 2013

Tingkatan Ukuran Data

Data menurut sifatnya

1. Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang mengutamakan kualitas atau jenis datanya. Biasanya dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau verbal bukan dalam bentuk angka. Jika dinyatakan dalam bentuk angka, angka tersebut tidak memiliki nilai kuantitas.

2. Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data menonjolkan kuantitas atau jumlah data. Biasanya dinyatakan dengan angka.

Data menurut ukurannya

1. Nominal
Data nominal adalah data yang tidak mempunyai tingkatan, sehingga setiap unsur derajatnya sama. Tidak ada yang mempunyai tingkat yang lebih tinggi dari unsur yang lain. Unsur ini biasanya dikenal dengan namanya saja yang bersifat kualitatif. Atribut angka yang diberikan tidak menunjukkan bahwa tingkat suatu unsur lebih tinggi dari unsur yang lain. Angka-angka tersebut jika ditambahkan tidak memberi arti apa-apa. Contohnya perpustakaan, masjid, lakilaki, perempuan, sekolah, gereja, atau pasar.

2. Ordinal
Data ordinal adalah data yang telah memiliki tingkatan. Terdapat suatu unsur yang memiliki derajat lebih tinggi dari yang lainnya serta sebaliknya. Sehingga suatu data dapat diurutkan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya. Cara penggambarannya dengan satu warna tetapi gradasi, tidak terdapat nilai kuantitatif. Dapat juga dengan bentuk yang ukurannya bertingkat besar dan kecil. Misalnya besar, agak besar, kecil.

3. Interval
Data interval merupakan data kuantitatif yang tidak memiliki nilai nol yang mutlak. Nilai nol dapat berubah-ubah tergantung satuan yang digunakan atau sifat suatu data. Nilai nol bukan berarti tidak ada nilainya. Data ini memperlihatkan jarak yang sama dari ciri atau sifat objek yang diukur. Akan tetapi ukuran interval tidak memberikan jumlah absolut dari objek yang diukur. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan skala interval dinamakan data interval. Contohnya seperti suhu. 

4. Rasio
Data rasio adalah data kuantitatif yang memiliki nilai 0 mutlak. Ukuran dari unsur yang tidak hanya dengan aturan tertentu tetapi juga dibagi atas kelas-kelas tertentu dengan harga yang sebenarnya. Oleh karena ada titik nol, maka data rasio dapat dibuat perkalian ataupun pembagian. Angka pada data rasio dapat menunjukkan nilai sebenarnya dari objek yang diukur. Misalnya uang, panjang objek, atau berat objek.


Data menurut dimensinya

1. Titik
Data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif dapat disimbolkan dengan simbol dimensi nol yaitu simbol titik.

2. Garis
Data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif dapat disimbolkan dengan simbol garis.

3. Area
Data yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif dapat disimbolkan dengan simbol area.

No comments:

Post a Comment