Wednesday 15 January 2014

TRIGONOMETRICAL LEVELING

Menutut (Wongsotjitro, 1980), beda tinggi antara dua titik dapat ditentukan dengan tiga cara yaitu: Barometris, Trigonometris dan pengukuran menyipat datar. Ketiga metode tersebut mempunyai ketelitian yang berbeda-beda. Hasil ketelitian terbesar adalah dengan cara pengukuran menyipat datar dan ketelitian terkecil adalah metode Barometer. Metode trigonometris adalah suatu proses penentuan beda tinggi dari titik-titik pengamatan dengan cara mengukur sudut miring atau sudut vertikalnya dengan jarak yang diketahui, baik jarak dalam bidang datar maupun jarak geodetis (Basuki, 2006). Pengukuran sudut vertikal atau kemiringan dapat menggunakan theodolith atau kompas survei.

Prinsip-prinsip yang digunakan pada pengukuran lingkup ukur tanah yaitu jarak antar titik yang akan ditentukan beda tingginya tidak terlalu jauh, sehingga pengaruh kelengkungan bumi dan refraksi dapat diabaikan atau diadakan koreksi linier dalam perhitungannya. Berbeda dengan lingkup geodesi, pengukuran beda tinggi titik pengukurannya relatif jauh sehingga harus memperhatikan kelengkungan bumi. Prinsip-prinsip umum bidang datar tidak dapat diterapkan pada pengukuran beda tinggi ini. Nilai sudut vertikal dan horizontal harus dikoreksi dengan kelengkungan bumi dan refraksi. 
 
Triginometrikal atau trigonometrikal levelling dibagi menjadi dua yaitu trigonometrikal levelling segitiga dan memanjang. Metode trigonometri memanjang merupakan pengukuran menggunakan dua titik yang terletak dalam segaris lurus dengan obyek. Metode trigonometri segitiga menggunakan dua titik pengukuran yang membentuk sudut dan membentuk segitiga dengan obyek pengamatan. Kedua cara tersebut menggunakan prinsip atau sifat segitiga.




DAFTAR PUSTAKA

Basuki, Slamet. 2006. Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Sudaryatno. 2009. Petunjuk Praktikum Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.
Wongsotjitro, Soetomo. 1980. Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Kanisius.

No comments:

Post a Comment